Senin, 07 Desember 2009

2010, Pemkot Jaksel Bangun Jalur Sepeda


Andi Saputra - detikNews

Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan (Jaksel) akan membangun jalur sepeda di Lebak Bulus hingga ke Sisingamangaraja. Jalur tersebut nantinya dikhususkan untuk pengguna sepeda dan menjamin keselamatan bersepeda di Jakarta Selatan.

Wali Kota Jaksel Syahrul Effendi mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan penggodokan teknis pembangunan yang melibatkan Dinas Perhubungan dan instansi lainnya.

"Kita masih bahas, bagaimana teknis yang bagus. 2010 Awal kami targetkan,” kata Syahrul di kantornya, Jalan Prapanca Raya, Senin, (7/12/2009).

Menurutnya, pemilihan jalur tersebut dikarenakan banyaknya karyawan yang menggunakan sepeda melintasi jalur tersebut. Sehingga, perlu dibuatkan jalur khusus yang memberikan kenyaman bikers yang melintas.

Dia melanjutkan, saat ini, Dishub sedang melakukan kajian terkait kebijakan tersebut. Selain itu, pihaknya juga masih melakukan sosialiasi terkait kebijakan tersebut dengan cara mengajak masyarakat untuk giat menggunakan sepeda. Diharapkan, pembuatan jalur sepeda tersebut akan menurunkan polusi udara di Jakarta yang sudah semakin mengkhawatirkan.

Selain dibuat di Lebak Bulus-Sisingamangaraja, jalur khusus tersebut juga akan dibuat di kawasan-kawasan padat seperti Blok M-Kuningan. Pemilihan jalur tersebut dikarenakan banyak pekerja atau komunitas bike to works yang melakukan aktivitasnya di jalur tersebut.

”Disana banyak perkantoran, jadi kita buatkan jalur tersebut,” jelasnya.

Salah satu sosialisasi yang dilakukan oleh Pemkot Jakarta Selatan adalah dengan menyelenggarakan sepeda santai yang diikuti oleh Komunitas Sepeda Ontel dan Bike To works kemarin.

Selain sosialisasi acara yang dilakukan di pelataran Kantor Walikota Jakarta Selatan ini juga dalam rangka memperingati HUT Korpri dan Hari Guru.

”Kalau tidak ada halangan, kami sudah memiliki jalur khusus sepeda tahun 2010 mendatang,” tukasnya. (asp/lrn)

Tidak ada komentar: